Memperbaiki Masalah Tinta Epson L100 Tidak Keluar, Hitam Bergaris, Tinda Tidak Terdeteksi, Dll

Printer Epson L100 sangat banyak digunakan terutama oleh orang Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand serta juga India. Karena memang Epson ini dipasarkan ke daerah tersebut dan banyak konsumen yang puas dengan printer Epson L100 ini.

Setelah pemakaian yang biasanya telah berumur, banyak kejadian aneh dan kekacauan yang sering terjadi pada printer Epson L100 ini, terutama masalah yang biasa terjadi pada tinta printer. Banyak sekali kendala yang ditemukan terutama seperti tinta tidak keluartinta hitam tidak keluar, tinta hitam bergaris, tidak terdeteksi komputerputus-putus, dan masih banyak hal yang lainnya. Kita akan coba memperbaiki kendala ini satu persatu, silahkan cek postingan kita dibawah.

Epson L100Salah satu yang sering terjadi juga yaitu tinta printer tidak keluar walau kita telah melakukan head cleaning. Masalah ini sering sekali ditanyakan baik di facebook kami atau via pesan dari website ini. Kami berfikir pasti banyak juga teman-teman yang memiliki kendala yang sama dan kendala ini juga terjadi pada tipe printer L yang lainnya seperti, Epson L110, Epson L120, Epson L130, Epson L1300, Epson L1800, Epson L200, Epson L210, Epson L300, Epson L350, Epson L355,  Epson L400, Epson L455, Epson L550, Epson L555, Epson L565, dan masih banyak tipe yang lain yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu.

Kami berharap dengan beberapa metode yang kami lakukan ini bisa membantu anda memperbaiki printer Epson anda.

Tinta Epson L100 Tidak Keluar Setelah Cleaning

Salah satu permasalahan yang lucu yang terjadi adalah setelah kita cleaning nyatanya tinta malah tidak keluar. Yang seharusnya fungsi cleaning membersihkan dan memperlancar tinta yang keluar malah sebaliknya bikin macet bahkan hilang dari cetakan. Kenapa bisa terjadi dan bagaimanakah solusinya??

Hal ini biasa terjadi karena saat proses pencetakan sebelumnya atau saat melakukan cleaning, kotak tinta disebelah sempat kosong dan printer hanya menyedot udara bukannya tinta sehingga terjadi kekosongan sesaat. Dan setelah berapa kali pakai dan cleaning akan terjadi kekosongan karena hanya akan keluar udara saja. Pastikan tinta selalu dibatas minimal dan isi tinta secara berkala agar tidak kosong.

Nah solusi untuk kondisi seperti ini yaitu kita bisa melakukan laki cleaning 3 hingga 6 kali sehingga tinta disedot terus menerut dan membuang semua angin yang ada diselang atau di cartridge tinta.

Jika solusi diatas masih belum dapat berlaku, kita bisa dengan menghisap manual tinta yang ada didalam tabung langsung melalui cartridgenya, cara ini mudah digunakan dan tidak hanya untuk printer L100, tapi bisa juga pada tipe printer L lain. Caranya bisa kamu ikuti langkah-langkah berikut ini;

Alat dan bahan

Alat dan bahan yang diperlukan antara lain;

  1. Printer rusak (Tipe L apapun)
  2. Obeng
  3. Suntikan bekas/baru (beli di apotik)

Langkah-langkah

  1. Dengan menggunakan obeng, lepaskan penutup atas serta seluruh casing printer yang ingin diperbaiki. Lanjutkan dengan menggeser head printer ke tengah-tengah.
    Bongkar-mesin-printer
  2. Lepaskan pelingdung yang terdapat pada cartridge, bisa lihat gambar dibawah ini. Lepaskan screwnya dan congkel sedikit sisi kepala cartridge, akan tampak pengait kecil dan sungkit secara perlahan dibantu dengan obeng.
    Membuka penutup cartridge
  3. Angkat cartridge perlahan-lahan dari dudukannya.
    Melepaskan cartridge
  4. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut
    Melepaskan cartridge unit
  5. Lepas satu persatu cartridge dari printer, setelah cartridge terlepas perhatikan setiap cartridge apakah terisi banyak tinta atau sudah menipis? Jika tinta menipis dan banyak ruang udara itulah hal yang menyebabkan tinta tidak turun dan mendad tidak bisa mencetak dengan normal.
  6. Sediakan suntikan yang telah anda beli, atau bisa siapkan yang bekas saja. Masukkan ujung suntikan dibagian bawah cartridge dan tarik atau sedot tinta secara perlahan sehingga tidak ada rongga atau ruang yang tersisa melainkan dipenuhi oleh tinta printer.
    Tarik tinta dengan jarum suntik
  7. Ganti setiap jarum suntik untuk warna yang berbeda, agar tidak terjadi cacat warna nanti.
  8. Jika sudah selesai silahkan pasang kembali cartridge ke posisi seperti semula, serta pastikan seluruh komponen kembali ke asalnya.
    Memasang cartridge ke tempat semula
  9. Pasang kembali semua casing dan kabel ke tempat semula
  10. Jika sudah, sambungkan dengan komputer
  11. Nyalakan printer Epson L100
  12. Lakukan head cleaning
  13. Lanjutkan ke uji percetakan
  14. Head cleaning kembali jika muncul garis atau ada bagian tinta yang masih cacat hingga 3/5 kali.

Demikian biasanya printer dapat berjalan normal kembali.